Rabu, 15 Oktober 2008

HIPERAKTIF ATAU AKTIF

HIPERAKTIF ATAU AKTIF... APA BEDANYA?
Anak aktif memiliki kecenderungan menjadi anak cerdas. Sedangkan si hiperaktif
menunjukkan adanya disfungsi neurologis. Inilah penjelasan selengkapnya.

ANAK HIPERAKTIF
SIMAK kata Sani Budiantini Hermawan, Psi.,
"Ditinjau secara psikologis hiperaktif adalah gangguan
tingkah laku yang tidak normal, disebabkan disfungsi
neurologis dengan gejala utama tidak mampu
memusatkan perhatian. Hiperaktif merupakan turunan
dari Attention Deficit Hiperactivity Disorder atau ADHD,"
Psikolog dari Klinik Empati Development Center, Jakarta
ini melanjutkan, gangguan ini disebabkan kerusakan
kecil pada sistem saraf pusat dan otak sehingga rentang
konsentrasi penderita menjadi sangat pendek dan sulit
dikendalikan. Ada juga penyebab lainnya, yakni:
temperamen bawaan, pengaruh lingkungan, malfungsi
otak serta epilepsi. Bisa juga kondisi gangguan di
kepala, seperti gegar otak, trauma kepala karena
persalinan sulit atau pernah terbentur, infeksi, keracunan, gizi buruk, dan alergi
makanan.

CIRI-CIRI ANAK HIPERAKTIF
* Tidak Fokus
Anak dengan gangguan hiperaktivitas tidak bisa berkonsentrasi lebih dari lima
menit. Dengan kata lain, ia tidak bisa diam dalam waktu lama dan mudah
teralihkan perhatiannya kepada hal lain. Misalnya, ketika
anak sedang bermain mobil-mobilan kemudian datang anak lain membawa bola,
anak akan langsung mengubah fokus perhatiannya ke bola tersebut. Atau ketika
yang bersangkutan sedang menyelesaikan pasel kemudian mendengar suara dari
arah lain, ia akan mengalihkan perhatiannya dan melupakan pasel yang sedang
dikerjakannya. Anak pun akan berperilaku impulsif, seperti selalu ingin meraih
dan memegang apa pun yang ada di depannya. "Namun, ia memegang tanpa
tujuan. Jadi asal pegang saja kemudian diletakkan kembali atau malah dibanting
hingga rusak," ujar Sani.
Tak hanya itu, anak dengan gangguan hiperaktivitas tidak memiliki fokus jelas.
Dia berbicara semaunya berdasarkan apa yang ingin diutarakan tanpa ada
maksud jelas sehingga kalimatnya seringkali sulit dipahami. Demikian pula pola
interaksinya dengan orang lain. Biasanya yang bersangkutan selalu cuek kala
dipanggil sehingga orang tua sering mengeluh kalau anaknya pura-pura tidak
mendengar. Dengan perilaku seperti ini, anak cenderung tidak mampu
melakukan sosialisasi dengan baik.

* Menentang
Anak dengan gangguan hiperaktivitas umumnya memiliki sikap penentang/pembangkang atau tidak mau dinasehati. Misalnya, penderita akan marah jika dilarang berlari ke sana kemari, coret-coret atau naik-turun tak berhenti. Penolakannya juga bisa ditunjukkan dengan sikap cuek.
* Destruktif
Perilakunya bersifat destruktif atau merusak. Ketika menyusun lego misalnya, anak aktif akan menyelesaikannya dengan baik sampai lego tersusun rapi. Sebaliknya anak hiperaktif bukan menyelesaikannya malah menghancurkan mainan lego yang sudah tersusun rapi. Terhadap barang-barang yang ada di rumah, seperti vas atau pajangan lain, kecenderungan anak untuk menghancurkannya juga sangat besar. Oleh karena itu, anak hiperaktif sebaiknya dijauhkan dari barang-barang yang mudah dipegang dan mudah rusak.
* Tak kenal lelah
Anak dengan gangguan hiperaktivitas sering tidak menunjukkan sikap lelah. Sepanjang hari dia akan selalu bergerak ke sana kemari, lompat, lari, berguling, dan sebagainya. "Kesannya tidak pernah letih, bergerak terus," ujar Sani. Hal inilah yang seringkali membuat orang tua kewalahan dan tidak sanggup meladeni perilakunya.
* Tanpa tujuan
Semua aktivitas dilakukan tanpa tujuan jelas. Kalau anak aktif, ketika naik ke atas kursi punya tujuan, misalnya ingin mengambil mainan atau bermain peran sebagai Superman. Anak hiperaktif melakukannya tanpa tujuan. Dia hanya naik dan turun kursi saja.
* Tidak sabar dan usil
Yang bersangkutan juga tidak memiliki sifat sabar. Ketika bermain dia tidak mau menunggu giliran. "Ketika dia ingin memainkan mobil-mobilan yang sedang dimainkan oleh temannya, dia langsung merebut tanpa ba-bi-bu," komentar Sani. Tak hanya itu, anak hiperaktif pun
seringkali mengusili temannya tanpa alasan yang jelas. Misalnya, tiba-tiba memukul, mendorong, menimpuk, dan sebagainya meskipun tidak ada pemicu yang harus membuat anak melakukan hal seperti itu.
* Intelektualitas rendah
Seringkali intelektualitas anak dengan gangguan hiperaktivitas berada di bawah
rata-rata anak normal. Mungkin karena secara psikologis mentalnya sudah
terganggu sehingga ia tidak bisa menunjukkan kemampuan kreatifnya.

ANAK AKTIF
NAH, anak yang hanya sekadar aktif, pada otaknya tidak terdapat gangguan. Hanya saja energi yang terkumpul berlimpah dan si kecil berkeinginan untuk selalu bergerak sehingga ia mempunyai mobilitas yang cukup tinggi dibandingkan anak lain. "Secara kasat mata anak aktif dan hiperaktif memiliki kesamaan perilaku, padahal kalau ditilik lebih lanjut ada perbedaannya," kata Sani.

CIRI-CIRI ANAK AKTIF

* Fokus (perhatian kuat)
Anak aktif memiliki kemampuan kuat untuk memfokuskan perhatian. Ketika bermain pasel misalnya, anak aktif cenderung melakukan problem solving dengan baik. Berbeda dari anak hiperaktif yang umumnya cepat bosan sehingga tidak bisa menyelesaikan atau hanya mempermainkannya saja.
* Lebih penurut
Sikap menentang pada anak aktif tidak sekuat pada anak hiperaktif. Ia masih bisa diberi tahu dan dapat mematuhinya dengan lebih baik. Misalnya, ketika dilarang untuk tidak merusak mainan dengan memberikan alasannya, anak aktif mau berusaha mematuhi. Mainan, seperti mobil-mobilan atau boneka akan dimainkan sesuai dengan fungsinya masing-masing.
* Konstruktif
Ketika diberikan mainan, pasel umpamanya, si aktif akan berusaha melakukan hal sesuai permintaan. Setidaknya, ia akan berusaha untuk menyusun secara konstruktif permainan tersebut. Demikian pula terhadap mainan lain, anak aktif mau memelihara dengan baik benda-benda yang dimilikinya.
* Ada waktu lelah
Anak aktif umumnya memiliki batas mobilitas. Ketika merasa lelah, dia akan menghentikan kegiatannya dan beristirahat. Walau begitu, pada beberapa kasus ditemukan anak aktif yang waktu istirahatnya sangat sedikit sehingga kesannya tidak pernah lelah seperti anakhiperaktif. * Lebih sabar
Anak aktif punya kesabaran yang lebih tinggi dibandingkan anak hiperaktif. Ketika menyelesaikan pasel misalnya, anak aktif berusaha dengan keras dan sabar untuk menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Hal ini berkaitan dengan daya kreativitas yang biasanya tidak dimiliki anak hiperaktif.
* Intelektualitas tinggi
Umumnya, anak aktif punya kecenderungan menjadi anak cerdas. Ia memiliki tenaga, rasa ingin tahu, dan kesempatan yang lebih besar untuk mengetahui
hal-hal baru. Sebaiknya kesempatan ini dimanfaatkan orang tua untuk
menstimulasi anak dengan sebaik-baiknya.

BILA ANAKKU HIPERAKTIF, MAKA

1. Terimalah kondisi anak
Inilah hal pertama dan terpenting yang perlu dilakukan orang tua. Bila sudah
dapat menerima kondisi anak, orang tua akan lebih baik dalam melakukan
penanganan selanjutnya. "Sadari bahwa anak bukan ingin seperti itu melainkan
kondisi otaknya yang sudah demikian sehingga muncul perilaku yang kurang
positif," tutur Sani.
Orang tua penderita pun disarankan untuk tidak menyimpan permasalahannya
sendiri. Curhat pada seseorang yang dianggap bisa membantu, meski sekadar
untuk mendengarkan cerita, sedikit banyak dapat meringankan beban masalah.
"Curhat terkadang bisa menjadi sarana cooling down bagi orang tua sehingga
tindakan yang dilakukan lebih lanjut bisa berjalan dengan lebih baik."
Kerja sama antara suami-istri harus dijalin dengan baik agar anak dapat
tertangani dengan baik. Akan sangat membantu bila anggota keluarga lain,
seperti kakek-nenek atau kerabat lainnya memahami apa yang kita hadapi.

2. Perbaiki perilaku anak
Hal lain yang perlu penanganan segera adalah perilaku anak yang destruktif agar
perilakunya lebih terarah. Untuk ini tentu diperlukan bantuan ahli seperti
psikolog.
Pada umumnya, saran yang diberikan ahli adalah menyalurkan energi anak pada
kegiatan-kegiatan positif yang ia sukai. Bila bosan, ganti dengan yang lain lagi.
Intinya, usahakan energinya habis untuk kegiatan yang positif.

3. Terapi
Bila gangguan yang dialami tergolong parah, biasanya akan dilakukan terapi
perilaku, seperti terapi psikososial, educational therapy, occasional therapy, dan
psikoterapi. Dalam terapi seperti itu anak akan diajarkan perilaku mana yang
boleh dan tidak. Obat-obatan sedapat mungkin dihindari karena memiliki efek
samping, seperti mengantuk, nafsu makan berkurang, sulit tidur, tik (semacam
kedutan), nyeri perut, sakit kepala, cemas, perasaan tidak nyaman, serta
menghambat kreativitas.
Pemberian obat dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan efek negatif pada
sistem saraf, yakni menyebabkan ketergantungan obat, bahkan sampai ia
dewasa. "Obat baru digunakan bila dalam kondisi terpaksa," tandas Sani.

4. Sediakan sarana
Untuk mengantisipasi gerakan-gerakan anak dengan gangguan hiperaktivitas
yang tidak bisa diam, sebaiknya ruangan untuk anak bermain dirancang
sedemikian rupa agar tidak terlalu sempit serta tidak dipenuhi banyak barang dan
pajangan. Hal ini untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan,
seperti anak terbentur, tersandung, atau bahkan memecahkan barang-barang
berharga. Bila memang tersedia, halaman luas sangat baik untuk memberikan
kebebasan bergerak bagi penderita.

LAKUKAN OBSERVASI SEDERHANA
Diagnosa pasti apakah seorang anak termasuk hiperaktif atau tidak, harus
melalui pemeriksaan ahli seperti dokter atau psikolog. Namun, orang tua bisa
melakukan prediksi melalui observasi sendiri. "Ciri-ciri gangguan hiperaktivitas
sebenarnya baru terdeteksi jelas saat anak berusia empat tahun atau di usia-usia
awal sekolah. Namun, tak masalah bila orang tua sudah melakukan observasi
sejak si kecil berusia batita," jelas Sani.
Jika orang tua memiliki kecurigaan si kecil mengalami gangguan hiperaktivitas,
saran Sani, jangan buru-buru mengambil kesimpulan. Sebaiknya amati terus
perkembangannya dan bandingkan dengan anak sebayanya. "Sangat baik bila
kita berkonsultasi pada psikolog anak. Kalau didiamkan, anak dengan gangguan
hiperaktivitas bisa tumbuh menjadi pribadi yang cepat bosan, jenuh, pencemas,
tidak pernah menyelesaikan tugas, antisosial, dan sebagainya."

Tidak ada komentar: